rss
twitter

Menkes Endang R. Sedyaningsih Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

2

posted by | Posted in | Posted on

Sumber : depkes.go.id

Hari Rabu (28/10/09) Menteri Kesehatan dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH. Dr. PH, memimpin upacara peringatan Sumpah Pemuda, 28 Oktober yang diikuti karyawan Depkes di Jakarta. Ini merupakan upacara pertama yang pimpinnya sejak dilantik Presiden menjadi Menkes tanggal 22 Oktober 2009. Sebelum membacakan amanat Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga, terlebih dulu Menkes memperkenalkan dirinya kepada seluruh peserta upacara.

“Saya pernah berdiri disitu”, katanya sambil menunjuk tempat peserta upacara berdiri dari barisan staf. “Kemudian disini”, lanjutnya sambil menunjuk tempat barisan para pejabat berdiri. “Kemudian disitu lagi,” tambahnya sambil menunjuk barisan staf lagi. “Kemudian menjadi Menteri Kesehatan sebagai inspektur upacara, berdiri disini, panggung kehormatan,” ujar Endang R. Sedyaningsih yang disambut tepuk tangan para karyawan Depkes.

Pada kesempatan tersebut Menkes Endang mengingatkan kepada seluruh karyawan agar bekerja untuk Depkes dan rakyat Indonesia bukan untuk Menteri. Menkes Endang menegaskan tidak akan mengubah visi dan misi Depkes. Visi “Masyarakat yang Mandiri untuk Hidup Sehat” dan misi “Membuat Rakyat Sehat” sudah disepakati selama ini.

Lebih lanjut Menkes mengingatkan, saat ini hanya ada satu Departemen Kesehatan. Untuk itu, Menkes mengajak seluruh jajaran kesehatan menyatukan potensi dan bekerja sama untuk kepentingan rakyat.

Usai memperkenalkan diri, Menkes membacakan sambutan Menegpora pada upacara Hari Sumpah Pemuda (HSP). Disampaikan peringatan HSP ke 81 tahun ini bertepatan dengan 101 tahun Hari Kebangkitan Nasional dan 11 tahun reformasi. Tiga momen penting yang dipelopori oleh para pemuda pada zamannya.

Tiga momentum sejarah ini penting untuk kembali direnungkan dan direaktualisasikan agar semangat yang tergantung di dalamnya dapat terus memberi inspirasi dan motivasi bagi seluruh bangsa.

Semangat ini mendasari tema HSP tahun ini yaitu Pemuda Bersatu, Indonesia Bangkit dan Beratu. Tema ini secara khusus menandung pesan bahwa bekal untuk menuju Indonesia sejahtera adalah dengan mencetak, membangun, dan mengembangkan pemuda Indonesia yang patriotic, memiliki jati diri, berwawasan dan jiwa nasionalis-religius, berpegang teguh pada komitmen untuk tetap bersatu di bawah NKRI, serta menumbuhkan kesadaran dan semangat untuk bangkit memimpin bangsa Indonesia keluar dari keterpurukan dan krisis multidimensional yang melanda bangsa ini.

Melalui HSP tahun 2009, diharapkan agar bangsa Indonesia kembali merenungkan dan menghayati jiwa dan semangat yang terkandung dalam nilai-nilai Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan pemuda saat itu.

Pemuda Indonesia harus mampu berperan dalam merespon berbagai persoalan yang dihadapi bangsa ini. Untuk itu, pemuda Indonesia harus memiliki akhlak mulia, sehat, cerdas, terampil, berprestasi dan berdaya saing serta memiliki komitmen untuk memajukan bangsanya. Komitmen untuk berbakti dan berbuat yang terbaik untuk kejayaan bangsa dan negara merupakan manifestasi dari hakekat, semangat, dan jiwa Sumpah Pemuda.

Comments (2)

  1. 3 November 2009 pukul 19.49

    semoga ajah dengan kepemimpinan Ibu ENdang ini pemuda kita semakin sehat dan tumbuh menjadi calon pemimpin bangsa kelak...........

  2. 3 November 2009 pukul 20.03

    Penting juga semangat kepemudaan dikembangkan lebih dalam lagi bila perlu negara memberikan kebebasan berekpresi kontruktif yg seluas2nya.

Post a comment