rss
twitter

Depkes: 60 Persen Desa di Luar Jawa Tidak Punya Bidan

0

posted by | Posted in , | Posted on

Fitraya Ramadhanny - detikNews
Jakarta - Sebanyak 60 persen desa di luar Jawa dilaporkan tidak mempunyai bidan. Hal ini menjadi kendala pemerintah dalam meningkatkan kesehatan reproduksi di Indonesia. "60 Persen desa di luar Jawa belum punya bidan. Padahal idealnya 1 desa memiliki 1 bidan," kata Dirjen Pembinaan Kesehatan Masyarakat Departemen Kesehatan (Depkes) Sri Astuti Suparmanto.

Demikian disampaikan Sri usai peluncuran buku berjudul "Kebijakan dan Strategi Nasional Kesehatan Reproduksi di Indonesia" di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (12/12/2005). Buku karya Depkes ini setebal 80 halaman dan bersampul warna oranye.

Menurut Sri, Depkes akan mengerahkan lulusan sekolah akademi bidan untuk ditempatkan di daerah yang disalurkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Selain itu, Depkes akan mengangkat pegawai tidak tetap (PTT) bidan menjadi PNS agar dapat dipindahkan untuk mengisi berbagai kekosongan di daerah. "Kita akan melakukan advokasi agar Pemda mau melakukan pengangkatan tenaga bidan di daerah. Mereka bisa melakukan formasi di daerah, tetapi jarang dilakukan," ujarnya. (aan/)

Comments (0)

Post a comment