rss
twitter

Mentawai Diguncang Gempa, Depkes Dirikan 7 Posko Kesehatan

1

posted by | Posted in , | Posted on

Posted From : depkes.go.id 21 Aug 2009

Dari Dinas Kesehatan Kota Padang dan PPK Sub Regional Sumatera Barat diperoleh informasi bahwa pada tanggal 16 Agustus pukul 14.38 WIB telah terjadi gempa bumi di Provinsi Sumatera Barat dengan magnitude 6,9 SR dan kedalaman 32 km. Pusat gempa terjadi di 43 km Tenggara Siberut Mentawai. Gempa terutama dirasakan di Kota Pdang dan Kab. Kepulauan Mentawai.

Hingga tanggal 17 Agustus 2009 pukul 06.00 WIB , telah terjadi sebanyak 11 kali gempa susulan dengan magnutude berkisar antara 5,0 – 6,1 SR dan kedalaman antara 10 – 21 km.

Akibat kejadian tersebut mengaibatkan 1 rumah roboh di Kota Padang dan 20 rumah rusak berat di Kecamatan Siberut Selatan Kab. Kep. Mentawai.

Tidak ada korban meninggal dunia. Korban luka berat sebanyak 1 orang di RSU Dr. Jamil, Padang. Tidak terjadi pengungsian dan tidak ada sarana kesehatan yang rusak.

Upaya yang dilakukan antara lain : evakuasi korban, mendirikan 7 Pos Kesehatan yaitu 5 di RSU Dr. Jamil, Padang dan 2 di RS. Yos Sudarso, Padang, memberikan pelayanan kesehatan, menyiagakan 1 unit mobil operasi klinik lapangan, menyiagakan 2 unit mobil MCK, melakukan pemantauan di lokasi bencana, dan berkoordinasi dengan instansi terkait.

Saat ini permasalahan kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat. Pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Padang, Dinas Kesehatan Kab. Kepulauan Mentawai, PPK Sub Regional Provinsi Sumatera Barat dan Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.

Comments (1)

Post a comment