rss
twitter

Menkes: Bantu Depkes, Depdiknas Sudah Kaya

4

posted by | Posted in , | Posted on

Sumber : kontan.co.id

JAKARTA. Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari masih kecewa dengan alokasi anggaran yang diterima Departemen kesehatan dalam APBN 2010. Saat berpidato dalam acara penandatanganan MoU kerjasama Telkomsel dengan Depkes, Menkes meminta Dirut Telkomsel agar sering membantu departemennya. "Kalau CSR, jangan bantu Depdiknas lagi, bantu Depkes saja. Pendidikan sudah kaya-kaya," tukasnya di Kantor Depkes, Rabu (5/8).

Menkes menyatakan, di seluruh dunia, biasanya anggaran departemen kesehatan memperoleh porsi terbesar dari total anggaran negara. Namun di Indonesia, Depkes hanya mendapat jatah Rp 20,8 triliun. "Hanya 10% dari APBN," keluhnya.

Padahal, peningkatan kesehatan masyarakat sangatlah penting. Ia mencontohkan, di wilayah Indonesia timur, masih banyak anak-anak yang kekurangan gizi, dan dalam kondisi kritis. Karenanya, ia meminta berbagai pihak agar membantu pembangunan kesehatan. "Harusnya nomor satu sehat dulu, baru bisa mikir (sekolah). Sekarang gaji guru malah lebih besar dari bidan dan dokter," ucapnya.

Comments (4)

  1. 29 Agustus 2009 pukul 16.08

    Depdiknas sudah ada ketentuannya dari konstitusi minimal 20 % dari APBN. Tapi depkes belum ada. Jadi, sudah seharusnya anggaran kesehatan mendapat porsi yang cukup, setidaknya 2/3 dari anggaran pendidikan.

  2. 29 Agustus 2009 pukul 16.29

    jiwa yang sehat ada di dalam badan yang sehat. generesi sehat tulang punggung bangsa. memastikan para generasi kita semua sehat secara fisik dan mental, sama pentingnya dengan memastikan generasi kita cerdas-cerdas secara IQ.. jadi anggaran kesehatan juga mestinya tidak boleh jauh beda dengan anggaran pendidikan.

  3. 31 Agustus 2009 pukul 20.29

    Saya siap bantu untuk mengkampanyekan. lebih jelas di depkes daripada di diknas.

  4. 1 September 2009 pukul 17.07

    kasihan juga ibu menteri kita ini, teriak2 terus gak ada capeknya.

Post a comment