rss
twitter

Depkes Rencanakan Program Biaya Operasional Kesehatan

2

posted by | Posted in , , | Posted on

 sumber : www.okezone.com


KUPANG - Departemen Kesehatan merencanakan akan mengeluarkan program yang tidak jauh berbeda dengan Departemen Pendidikan, yaitu Biaya Operasional Kesehatan (BOK).

"Jika Depdiknas punya BOS kami punya BOK," terang Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih, dalam kunjungan kerjanya ke Kupang, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (28/11/2009).

Program BOK, kata dia, merupakan upaya kesehatan yang berbasis masyarakat yang tidak diberikan secara langsung kepada masing-masing individu, namun melalui Posyandu yang terdapat didaerah-daerah yang menjadi sasaran.

"BOK ini tidak ditujukan kepada orang, tetapi ke Posyandu dan Puskesmas," tambahnya.

Menurutnya, program tersebut merupakan salah satu program 100 hari kerjanya. "BOK merupakan salah satu program 100 hari dari Depkes," ungkapnya.

Endang juga menjelaskan bahwa  kunjungannya ke kupang ini juga merupakan langkah awal dari program 100 hari semenjak dirinya menjabat sebagai Menteri Kesehatan.(bul)
(hri)

Comments (2)

  1. 4 Desember 2009 pukul 15.31

    yang ini mesti segera direalisasikan, dengan adanya program bantuan kesehatan tentu akan sangat menolong bagi rakyat yang mempunyai ekonomi minim. Yang penting pelaksanannya nanti benar ada kontrol dari Depkes agar tidak terjadi penyalahgunaan sasaran. Kebiasaan buruk ini sering terjadi di masyarakat apalagi jika pemerintah desa tdk jeli mendata berapa penduduk yang layak ikut program bantuan kesehatan sdh pasti dimainkan, bisa oleh aparat desanya maupun kelompok kerja yang mendata jumlah penduduk yang pantas menerima bantuan tersebut.

  2. 4 Desember 2009 pukul 15.58

    Dengan adanya program BOK tentu akan sangat membantu masyarakat ketika harus mendapatkan pelayanan kesehatan secara mudah dan terjangkau. Walaupun sebenarnya program BOK pengelolaannya ada pada Puskesmas dan Posyandu, tetapi dengan program ini diharapkan akan lebih meningkatkan pelayanan kesehatan kepd masyarakat secara optimal dan tepat sasaran.

Post a comment