rss
twitter

Sakit Langganan Di Bulan Puasa

5

posted by | Posted in | Posted on

Sakit kepala di sore hari

Biasa menimpa mereka yang suka merokok dan mengopi. Ini terjadi karena konsumsi kafein dan tembakau terhenti. Juga akibat kurang tidur, terlalu banyak beraktivitas dalam sehari, atau rasa lapar yang semakin menjadi saat menjelang sore hari. Gejala ini akan lebih parah jika seseorang menderita tekanan darah rendah.

Kurangi konsumsi kafein dan tembakau secara bertahap, pilihlah minuman yang bebas kafein. Sesuaikan jadwal kerja dengan kemampuan dan kekuatan fisik, sehingga kita memiliki banyak waktu untuk tidur dan beristirahat.

Sistem pencernaan terganggu

Akibat terlalu banyak makan saat sahur atau berbuka. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak atau berbumbu serta bahan makanan pembentuk gas - seperti telur, kol, kacang-kacangan, atau minuman bersoda.

Jadi, makanlah secukupnya, jangan khawatir esok bakal kelaparan. Sesekali minum jus buah dan perbanyak minum air putih.
Kembung dan sembelit

Sistem pencernaan terganggu disertai kembung, akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan yang diproses - misalnya, produk makanan instan atau makanan kaleng. Ditambah pula, kurang minum air putih serta kurang mengonsumsi bahan makanan berserat.

Usahakan tidak secara berlebihan mengonsumsi produk makanan instan, minum air putih lebih banyak, dan perbanyak makanan berserat tinggi - terutama sayur dan buah segar.
PEGAL HILANG BERKAT PUASA

Badan pegal wujud metabolisme tubuh yang bekerja berat selama berolahraga. Saat kerja berat, tubuh akan memaksimalkan kemampuan, bahkan dalam keadaan kurang oksigen sekalipun.

Salah satu hasil metabolisme keadaan tubuh (baca: sel) yang minim oksigen adalah asam laktat. Nah, zat inilah yang menumpuk ketika olahraga berat, sehingga membuat badan jadi pegal.

Namun, melalui proses glukoneogenesis yang cukup rumit, asam laktat bersama asam amino dan gliserol dapat berubah ujud jadi glukosa yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi. Hal ini terjadi secara otomatis, terutama dalam keadaan lapar.

Salah satu keadaan yang merangsang terjadinya proses glukoneogenesis adalah saat gula darah rendah, alias dalam keadaan puasa.

Jadi, dengan berpuasa kita dapat tiga hikmah sekaligus: pegal hilang, dapat glukosa baru, dan bonus pahala dari Allah S.W.T. *

Comments (5)

  1. 9 September 2009 pukul 17.03

    tapi ada ahli juga yg menyatakan kalo kebiasaan merokok juga sebaiknya diimbangi dengan ngopi. agar terjadi pergerusan zat kafein di dalam tubuh kita

  2. 9 September 2009 pukul 18.43

    semestinya ketika kita merasakan sakit kepala baiknya kita istirahat dulu misalnya tidur juga ampuh utk menghilangkan rasa sakit kepala kok

  3. 10 September 2009 pukul 16.07

    sepakat aku, tapi menurutku itu tergantung karakter stamina org tsb. so agar lebih enjoy sih sebaiknya seimbang saja dalam konsumsi makanan apapun. trs merokok juga baiknya distop dulu, walopun kadang susah jg cara berhentinya

  4. 16 September 2009 pukul 15.32

    kesehatan penting untuk dijaga tapi namanya juga manusia kadang kita lupa juga habis makan apa hari ini, apalagi puasa begini bawaannya pengin makan terus.

  5. 16 September 2009 pukul 17.08

    Bagi sebagian orng, mengontrol pola hidup memang bukan pekerjaan mudah. apalagi bagi orng yg sibuk dgn pekerjaan kadang lupa waktu utk makan atau sarapan pagi. Malah lebih enak dengan minum secangkir kopi ajah.

Post a comment