rss
twitter

Menkes Serahkan Bantuan Rumah Sakit Lapangan

0

posted by | Posted in , , | Posted on

sumber : kompas.com

Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari menyerahkan bantuan berupa Rumah Sakit Lapangan dan Ambulans Bencana kepada Menteri Pertahanan dan Keamanan Juwono Sudarsono di Departemen Kesehatan, Senin (28/9). Bantuan itu guna mendukung tugas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana TNI.

Menkes Siti Fadilah mengatakan, penanggulangan krisis kesehatan telah semakin luas cakupannya. Hal itu selaras dengan UU No 24 Tahun 2007 tentang Bencana yang penjabarannya lebih menitikberatkan pada peningkatan koordinas i lintas program dan lintas sektor.

Bantuan yang diberikan berupa dua unit rumah sakit lapangan berupa RS Lapangan yang terdiri dari 16 tenda. Pendirian tiap tenda membutuhkan waktu 3 menit -5 menit dengan kompresor. Satu unit RS Lapangan dapat memuat 100 veltbed dengan dua belas tempat operasi. RS Lapangan diperlengkapi antara lain dengan instalasi listrik, pendingin ruangan, air, mesin anestesi dengan ventilator, mini refrigerator, dan ambulans.
Menhankam Juwono mengatakan, rumah sakit lapangan itu akan dimanfaatkan untuk tugas-tugas kemanusiaan dan penanggulangan bencana agar lebih cepat serta optimal.

Comments (0)

Post a comment