rss
twitter

Menkes : Kesehatan & Politik Tak Bisa Dipisahkan

0

posted by | Posted in , | Posted on



Sumber : okezone.com

Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari (SFS) mengakui ranah kesehatan tidak bisa dipisahkan dari bidang politik. Seringkali isu kesehatan bisa sangat berpengaruh terhadap bidang politik dan sebaliknya.

Oleh karena itu, perjuangan mewujudkan pelayanan kesehatan yang memadai dan murah juga tak bisa dilepaskan dari wilayah politik.

"Harus ada keberanian untuk membuat kebijakan melawan rezim neolib," ujar Menkes di di sela-sela peluncuran buku berjudul 'Berkiblat Kata Hati Menggeser Tapal Batas Dunia' di Galeri Cafe Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat (26/6/2009).

Menkes lantas mencontohkan musibah pandemi Flu Babi (H1N1) yang tengah melanda Mexico. Negara di Amerika Latin itu dalam hitungan pekan perekonomiannya ambruk setelah WHO mengumumkan status pandemi vius H1N1. Itu karena dunia internasional memberlakukan embargo perekonomian serta menghentikan segala hubungan dengan Mexico.

"Saya tidak pernah bernuansa politik dalam mengambil setiap kebijakan. Saya hanya memprioritas kebijakan kesehatan yang bisa melindungi negara ini dari intervensi negara asing," ungkapnya.

Dalam kaitan ini, Menkes berupaya agar musibah yang melanda Mexico ke depan tidak akan menimpa Indonesia. Pasalnya, upaya serupa sudah pernah dilakukan sejumlah pihak kepada Indonesia seperti dalam kasus Flu Burung dan Namru. (nov)

Comments (0)

Post a comment